oleh

Donor Darah PTPN VII, untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

Rotasi.id – Sebanyak 67 karyawan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VII mengikuti donor darah di Gedung Kolaboratif (GSG) Kantor Direksi, Rabu (2/11/22).

Agenda sosial yang rutin digelar tiga bulan sekali ini berhasil menyumbangkan 57 kantong darah untuk keperluan medis melalui PMI Provinsi Lampung.

Aksi filantrofi kesehatan ini dipimpin dokter Meli dari PMI Cabang Lampung. Lembaga bank darah Pemerintah ini mengerahkan empat paramedis untuk melayani karyawan PTPN VII yang bekerja di Kantor Direksi, Unit Kerja Wayberulu dan Unit Rejosari—Pematangkiwah.

“PTPN VII merupakan perusahaan yang paling proaktif untuk melakukan donor darah. Menurut saya, ini suatu prakarsa yang sangat baik, ya. Secara medis, orang yang rutin donor akan cenderung lebih sehat, ya. Karena, sebelum donor kan pasti diperiksa kesehatannya, meskipun hanya pemeriksaan dasar. Sedangkan secara mental, jiwa pendonor pasti lebih bahagia,” kata Meli.

BACA JUGA :  Antisipasi Permasalahan Hukum, PTPN VII Gandeng Kejati Lampung

Selain faktor kesehatan, tambah Meli, donor darah merupakan aksi sosial yang akan berpengaruh kepada kesehatan ruhaniah. Dengan menyumbangkan darahnya, seorang pendonor akan memberi harapan hidup kepada orang lain yang sedang tertimpa musibah kesehatan.

“Jadi, donor darah ini sangat baik untuk dibiasakan. Sebab, dengan mendonorkan darahnya, tubuh seseorang akan terjadi regenerasi darah lama dengan pembentukan darah baru. Ini akan menyehatkan tubuh secara fisik. Sedangkan secara mental spiritual, donor darah ini akan mempengaruhi kejiwaan seseorang. Bisa kita bayangkan, betapa seseorang yang sedang membutuhkan darah kita akan sangat berterima kasih dengan sumbangan darah kita,” kata dia.

BACA JUGA :  PTPN VII Siapkan 50 Agen Budaya Perusahaan

Meli mengaku salut dengan antusiasme karyawan PTPN VII mengikuti donor darah. Menurut dia, antusiasme itu bisa menjadi indikator kesehatan fisik dan mental karyawan. Namun demikian, dia tidak bisa memastikan seberapa baik level kesehatan karyawan PPN VII secara keseluruhan.

“Kalau donor darah ini kan sifatnya sukarela. Jadi, siapa yang sempat dan merasa sehat, mereka ikut. Artinya, peserta donor bukan sampling profil kesehatan karyawan. Kebanyakan yang tidak ikut pasti karena sedang sibuk karena memang digelar pada jam kerja. Saya yakin bukan karena tidak mau,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PTPN VII Bambang Hartawan mengapresiasi panitia yang terus menjalin kerjasama dengan PMI untuk kegiatan donor darah. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Unit-Unit Kerja PTPN VII di semua daerah yang juga bersinergi dengan PMI untuk menggelar donor darah di Unitnya masing-masing.

BACA JUGA :  Gelar Gathering Media, PTPN VII Optimis Capai Target Akhir Tahun

“Saya kira kita semua ingin mendonorkan darahnya. Selain sehat, donor darah juga sangat baik untuk kesehatan jiwa,” kata dia.

Bambang menambahkan, manajemen akan terus mendukung kegiatan yang resonansi manfaatnya luas seperti donor darah ini.

“Kegiatan ini merupakan kepedulian PTPN VII terhadap sesama. Apalagi hingga saat ini kebutuhan darah untuk pasien rumah sakit di Bandar Lampung masih kurang. Jadi, akan kita dukung terus,” katanya. (*)

addgoogle

Komentar