oleh

Hadiri Jumbara Tingkat SMA, Sasongko: Lampung Cukup Staregis

Provinsi Lampung merupakan wilayah strategis sebagai calon tempat perhelatan Gelar Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja tingkat nasional.

“Apalagi transportasinya mendukung dan tidak jauh dari ibukota Jakarta,” ungkap Ketua Bidang PMR dan relawan PMI Pusat, Sasongko Tedjo, saat menghadiri Jumbara PMR tingkat SMA se-Lampung, Senin (28/3/2022).

Ia mengatakan, Jumbara salah satu bentuk pembinaan terhadap junior PMI. Sedangkan Jumbara sendiri ada tiga tingkatan. Yakni, muda untuk jenjang sekolah dasar (SD), madya untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan wira untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

BACA JUGA :  Fraksi PKS DPRD Lampung Tolak 5 Raperda Pemprov, Ini Penjelasannya

Ia mengatakan, kegiatan Jumbara biasanya diikuti oleh siswa SD, SMP dan SMA, tetapi karena masih situasi pandemi Covid-19, maka belum dilakukan secara keseluruhan.

“Namun, nanti ketika Jumbara nasional akan dilakukan serentak. Insyaallah tahun depan,” ujar Sasongko, usai apel yang dilaksanakan di Taman Wisata Alam, Wira Garden, Bandar Lampung.

Sementara, Plt Kepala Dispora Provinsi Lampung, Descatama Paksie Moeda mengatakan Jumbara PMR Provinsi Lampung 2022 bertujuan untuk melatih kader dan meningkatkan kapasitas PMR.

BACA JUGA :  PMI Lampung Siapkan Vaksin 10 Ribu Dosis, Berikut Cara Daftarnya

Untuk pelaksanaan Jumbara dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari 28-30 Maret 2022.

Ia memaparkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 500 orang dengan rincian masing-masing 15 putra dan 15 putri dari satu wilayah.

Selain itu, Descatama mengaku siap ketika ditunjuk oleh PMI pusat untuk menyelenggarakan Jumbara nasional di Provinsi Lampung.

“Kami siap dan sangat mengapresiasi dari pusat apabila tahun depan kegiatan ini bisa dijadikan barometer untuk diadakan di tingkat nasional, tandasnya. (*)

addgoogle

Komentar