oleh

Waspada! Beredar Aplikasi Pedulilindungi Palsu

Jakarta – Masyarakat harus waspada. Pasalnya, mulai beredar Aplikasi PeduliLindungi palsu. Sejatinya, Aplikasi Pedulilindungi adalah upaya pemerintah untuk menghadang penyebaran Covid-19.

Namun, ada saja oknum yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan tersendiri. Bahayanya, apabila Anda mengakses website pedulilindungi palsu tersebut maka data pribadi Anda bisa dipakai orang tidak bertanggung jawab.

Situs tersebut bernama pedulilindungia.com. Situs tersebut memiliki tampilan sama dengan situs PeduliLindungi (pedulilindungi.id) asli –termasuk fasilitas pendaftaran vaksinasi dan pengecekan vaksin Covid-19.

BACA JUGA :  PeduliLindungi Akan Terintegrasi 11 Aplikasi, Berikut Daftarnya

Namun, situs palsu itu tampaknya hanya hendak mengumpulkan data korban. Saat pengguna mengakses situs tersebut kemudian mengisi data, otomatis data-data pribadinya akan terkumpulkan dan bisa saja menjadi data untuk aktivitas kejahatan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memutus akses situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang proses update sistem dari masing-masing ISP (internet service provider).

BACA JUGA :  Menag Resmikan Program Sehati, Sertifikasi Halal Gratis untuk UKM

Ia pun mengimbau untuk mengakses Aplikasi Pedulilindungi yang resmi di Play Store dan App Store.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi pun menegaskan, situs pedulilindungia.com adalah situs palsu. Bukan situs yang digunakan Pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Menurutnya, seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id. Pun tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Gunakan Busana Adat Lampung saat HUT RI ke 76

“Situs resmi milik pemerintah adalah pedulilindungi.id. Dari situs ini masyarakat bisa mendaftar vaksinasi dan memeriksa sertifikat vaksin,” tukas dia melansir Referensinews.com (Jejaring Bisnislampung.com). (*)

addgoogle

Komentar

News Feed