oleh

Pemprov Bahas Hibah Dermaga Tanah Merah di Mesuji

Bisnislampung.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar rapat membahas hibah lahan Dermaga Tanah Merah di Kabupaten Mesuji.

Rapat ini penting dilakukan sebagai bagian dari rencana pengembangan transportasi Provinsi Lampung dan Bangka Belitung, serta meningkatkan kerjasama perdagangan dua provinsi tersebut.

Rapat dilakukan di Ruang Command Center Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung, Selasa (05/04/2022)

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, Perwakilan dari Bappeda, BPKAD, dan Karo Hukum Provinsi Lampung. Selain itu, turut rapat melalui virtual perwakilan BPN, dan Direktur PT CPB Armand Zakaria Diah.

BACA JUGA :  Silaturahmi Perantauan Lampung, 20 UKM Terima Uang Pembinaan Rp 200 Juta

Saat rapat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa rapat hari ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama antara Pemprov Lampung dan Pemerintah Bangka Belitung serta BUMD.

Maka akan dibangun Dermaga penghubung dari Provinsi Lampung ke Provinsi Bangka Belitung.

”Terkait hal ini juga telah kita disampaikan kepada Menteri Perhubungan dan sangat mendukung untuk kemajuan Provinsi Lampung dan Bangka Belitung,” kata Fahrizal.

BACA JUGA :  Bermodal Konsisten, Pisang Goreng Beku Shamiya Terjual Hingga Eropa

Selama ini, lanjut Fahrizal Darminto sektor perdagangan Bangka Belitung terutama untuk hasil bumi dan ternak banyak didapatkan dari DKI Jakarta.

Sementara itu, di Provinsi Lampung melimpah. Oleh karena itu dibangun kerjasama Provinsi Lampung dan Bangka Belitung untuk memudahkan kebutuhan Bangka Belitung.

“Ada beberapa alternatif pelabuhan sebagai konektifitas dengan Bangka Belitung, dengan mempertimbangkan effisiensi maka dipilih Dermaga Tanah Merah di Kabupaten Mesuji,” jelas Fahrizal Darminto.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menyatakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berkeyakinan bahwa dengan diadakannya kerjasama dengan Bangka Belitung dan dengan dibangunnya Dermaga Tanah Merah, maka akan mengembangkan perekonomian Lampung bagian Timur – Utara, dengan kabupaten Mesuji sebagai pusatnya.

BACA JUGA :  Sambut HUT ke-60, IKWI Berbagi Tali Asih

“Harapannya di puasa minggu kedua sudah ada pembangunan Dermaga Tanah Merah bisa di launching. Tetapi karena berbagai hal kemungkinan pertengahan Mei baru bisa dilaksanakan,” terang Bambang Sumbogo.

Direktur PT CPB Armand Zakaria Diah, pada prinsipnya siap mendukung pembangunan Dermaga Tanah Merah di Kabupaten Mesuji tersebut. (*)

addgoogle

Komentar